Selasa, 28 April 2009

Naskah Drama "Cerita Kakek" (versi Indonesia)

           Di suatu daerah yang damai dan sejahtera, hiduplah seorang kakek dan ketiga orang cucunya, meraka hidup bahagia, pada suatu siang yang cerah,....
(dengan diiringi instrument, AYUN AMBING (Instrument) ) Kakek keluar rumah dan duduk diteras depan. Sambil memanggil cucu2nya .

Kakek : Cu......... cucu....... kemari nak, kakek mau cerita tentang masa kecil kakek dulu, (sambil                batuk2) Huk........huk....huk...!!!!
Cucu2 : (Serentak) Ya.... kek, sebentar......!!! (sambil berlari menuju si kakek)
Tidak lama kemudian, datanglah cucu2 tadi, sambil duduk bersila di depan kakek. Satu cucu sambil memijat punggung si kakek.
Kakek : Cu.... kakek ini sudah tua, sudah bau tanah, sebentar lagi juga kembali ke tanah....                Huk..huk..huk !!!! mumpung kakek masih hidup, kakek pengen cerita....
Cucu2 : (serentak) Ya..... kek !!!!!!!!
Kakek : Dengerin dengan seksama ya, ni cerita masa kecil kakek .... Huk..huk..huk..!!!! (Salah                satu cucu memijat terlalu keras)
Cucu2 : (serentak) Ya............ kek !!!!!!!!!
(merubah setting dengan suasana didalam kelas dengan adanya 3 murid bernama aldi, dan arif yang sudah ada didalam kelas)
Aldi + arif : (Sambil mengobrol menanti pak guru datang)
(datanglah si sholeh)
Sholeh : Assalamualaikum.... Wr.. WB... !!!!!!!
Aldi+arif : (serentak) Waalaikum salam Wr WB.......!!!!
Sholeh : (sambil berlagak sok pintar) morning friends.... piye kabare??? Good2 only kan???
Aldi : (dengan muka agak heran) Ngomong apa sih kamu. !!! dari dulu ngomong gak pernah           benar.....!!!!
Arif : ya... ni, kalo ngomong tu pakek bahasa manusia aja dech, kita pusing ni dengernya...
Sholeh : Ya.... Maap2... eh ngemeng2 kenapa kalian masih ngobrol sendiri sih..!!! pak guru udah                datang tu ....!!!
Aldi+arif : (serentak) MANA ...???? (sambil menoleh kanan kiri)
Sholeh : Tu lho... (sambil menunjuk ke depan pintu kelas) cepat... ambil posisi masing2 sebelum                pak guru angry ...!!!!
(dengan langkah seribu ketiga murid itu mengambil posisi duduk masing2)
Pak guru : (dengan kacamata besar, berjas, memegang tas koper, dan dengan jalan yang khas,                    beliau memasuki ruang kelas... di iringi musik disco Alvin & the Chipmunk 2)                    Assalmualaikum .... Wr... Wb...!!!!
Murid2 : (serentak) Waalaikum Salam...... Wr... WB....!!!!
Aldi : (dengan nada mengejek) wahh... tambah ganteng n keren aja ni pak guru.... !!!! kayak           presiden Amerika tu....!!!
(arif dan sholeh tertawa menahan...)
Pak guru : Heh.... siapa tuh yang tertawa..!!!! (sambil bertampang sangar dan marah) saya                     denger ada yang tertawa lagi langsung saya hukum membersihkan seisi rumah saya                     selama Sebulan !!!!!
Murid2 : (langsung diam seribu bahasa, sehingga suasana menjadi hening....) ............
Pak guru : (dengan penuh wibawa) Oke Class, today we will studying Arabic language... !!! siapa                    yang suka pelajaran bahasa arab,????
Arif+aldi : (serentak) Saya..... Pak...!!!!
Sholeh : (dengan wajah kerut, berkata pelan) waduhh... mati aku. Bhs. Arab kan pelajaran yang                 paling gak aku sukain...!!! gimana ne???
Arif : (berbisik kepada sholeh, dengan penuh hasutan) udah mendingan kamu tidur aja lagi... gak           ada gunanya tu belajar bhs. Arab... toh kamu juga gak suka kan pelajaran tu... ya kan???
Sholeh : (dengan muka agak ragu2) ya juga sih... !!! ya udah aku tak tidur dulu aja (sambil              meletakkan kepalanya diatas meja)
Arif : (dengan ekpresi seperti iblis) He...he...he..!!!! kena juga dia...!!!
(sementara aldi dan arif membuka bukunya, dan sholeh yang sudah tertidur pulas, pak guru bangkit dari kursinya dan menerangkan peljaran kepada murid2nya)
Pak guru : (masih dengan penuh wibawa) Baiklah, Al-an sanadrusu al-lugho al-arabiyah,                    sanadrusu limada nadrusu al-lugho al-arabiyah?? wa ma huwa ism...??? fahimtum???
Murid2 (kecuali sholeh yang masih tertidur) : (Serentak) Fahimnaaaa.............!!!!!!!!!!
Pak guru : oke, al-soal awal... limada nadrusu al-lugho al-arabiyah ????
Arif : (mengacungkan tangan, dengan penuh keyakinan) ana ya Ustadz...
Pak guru : Na’am arif... tafadhol....
Arif : Li’anna al-lugho al-arabiyah huwa lughotul Islamiyah, wa lughotul Jannah....
Pak guru : Na’am !!! Jayid...jayid.... ada jawaban yang lain ????
Aldi : (mengacungkan tangan) ehm....ehm... li’anna lughotul arbiyah huwa lughotul Qu’ran.....
Pak guru : Na’am jayid jiddan2 fauqa jiddan....!!! wah emang murid bapak ini pinter2 semua                     ya......!!!!
Aldi+arif : (serentak) Na’am ya ustadz......!!!!!!!!!!
Pak guru : oke, pertanyaan selanjutnya, kalian kan sudah mengetahui apa itu ism, ism adalah                    katayang depannya didhului dengan Al... sekarang pertanyaannya, coba sebutkan                    contoh-contoh ism ??? sekarang semuanya harus menjawab !!!!!!! dimulai dari kamu                    aldi....!!!
Aldi : (dengan jantung yang berdetak kencang) tu pak... tu pak... apa ya..... ehm.... oya !!!           contohnya, al-qur’an, al-baqarah, al-ihklas.....
Pak guru : Ya...ya boleh-boleh.... jayid, sukron !!! sekarang giliran kamu arif ????
Arif : (dengan santainya) gampang pak, contohnya, al-maidah, al-kafirun, al-lugho al-arabiyah....
Pak Guru : Ya boleh juga sih.... bagus arif... pinter kamu !!!
Arif : (dengan bangganya) he...he...he... gak rugi aku mondok sebulan di pondok metal....!!!!
Pak guru : Oke sekarang giliran Sholeh...!!!! (dengan serius memperhatikan sholeh yang lagi ngiler). Lho... ngapain tu sholeh.... ????
Aldi : ehm... anu pak, anu... si sholeh lagi tidur, tu sampek ngiler2.....
Pak guru : (mendekati sholeh, sambil menggeleng-gelengkan kepala) sholeh2... gak disekolah,                     gak di rumah, gak di lapangan selalu saja ngorok..!!!!
Bruaakkkkkkkk.....!!!!!!!!! (Pak guru menggebrak meja sholeh), (sholeh gelagapan....)
Sholeh : (masih gelagapan) siap pak !!!!! Laksanakan....!!!!
Pak guru : (dengan wajah marah, dan tangan menjewer telinga sholeh) Laksanakan2...!!!                    laksankan gundulmu !!!!!
Sholeh : Maaf pak....
Pak guru : kerjaan kamu tu ngapain aja sih.... dari subuh sampai subuh lagi tidur teruss.....!!!                    kalau begini kapan kamu bisa maju...!!! kapan bangsa kita bisa mandiri kalo                    rakyatnya kayak kamu smua....!!!!
Sholeh : Ya...... mungkin setelah saya jadi presiden pak.... !!!!
Pak guru : kalo begitu keburu dunia ini kiamat...!!!! (aldi+arif hanya tertawa terngengeh-                   ngengeh) ya sudah kalo begitu, coba berikan contoh kalimat ism..????
Sholeh: (berkata pelan) Waduh... mati aku... aku kan gak nyambung sama sekali kalo pelajaran               ini....!!!! (berbisik kepada Arif), heh rif apa itu ism ????
Arif : (Balik berbisik kepada sholeh) ism itu ya pokoknya kata yang awalnya didahului al....!!!
Sholeh : (sedikit ragu) gitu yah....
Arif : (dengan wajah meyakinkan) ya gitu, pokoknya kata yang awalannya didahului al....
Sholeh : (dengan wajah penuh keyakinan) Ya pak !!! saya bisa pak!!!! Ism kan kata yang awalnya                didahului dengan al, dan Contoh dari ism diantaranya adalah , alpukat,... alkohol,...                almari,... ehm...... alakadarnya.... terus..... apa lagi ya ?? al.... al.... al.....
Aldi+arif : (dengan mengagetkan sholeh, serentak) Alhamdulillah..........!!!!!
Pak guru : Sudah... sudah... sholeh, kamu harus belajar lebih giat lagi, kalo begini trus kamu gak                    akan lulus....!!!!! mengerti kamu sholeh ???
Sholeh : (Sambil menunduk, dan besuara pelan) Ya pak....
Pak Guru : ya sudah berhubung waktu kita sudah habis, kita akhiri dulu klas kita hari ini....                     Wassalamualaikum... Wr.... Wb....
Murid2 : (Serentak) Waalaikum salam Wr....wb.....
(pak guru pun melangkah meninggalkan kelas, sementara para murid masih di kelas, aldi dan arif berusaha menenagkan sholeh dan menyemangati sholeh) (di iringi instrument sedih)
(dengan suasana hening, dan iringan musik yang menyentuh, Hadad Alwi - Instrumentalia Do'a Aku)
Aldi : sabar ya... sabar, mungkin ini semua cobaan untuk kamu, kami yakin kamu pasti bisa,           kami pulang dulu ya..... tetep semangat ya...!!!! (mereka bertiga pun berjalan meniggalkan           kelas)
(dengan setting berbeda, di ruangan, terdapat kursi, meja,dan sebotol miras bermerk Vodka)
(Sholeh berjalan pelan menuju ke ruangan itu) (diiringi instrument kenny G Samurai,pelan dan menyentuh)
Arif : (dengan muka pucat dan penuh putus asa) aku sudah putus asa.... aku sudah gak bisa apa-           apa, tidak ada seorang pun yang bisa membantu aku, lebih baik aku meminum miras ini,           agar aku bisa tenang.... (sambil mengambil sebotol miras) aku bisa fly.... (membuka tutup           botol dan bersiap untuk meminumnya) aku bisa enjoy... menikmati hidup ini.....
Iblis : (datang dengan penuh bujukan) minumlah wahai anak adam... minum lah.... kamu akan           bisatenang dengan meminum itu... ayo minum lah.... kamu akan menjadi temanku.....
(dengan ujung botol hampir menempel di bibir sholeh , tapi tiba2...)
Malaikat : (dengan tegas) Jangan... !!!! (Sholeh pun menaruh kembali botol itu di meja) jangan                   diminum wahai anak adam!!!! Jangan kau turuti hasutan iblis ini, sesungguhnya Allah                   tidak menyukai perbuatan yang dilakukan oleh iblis dan keturunannya....
Sholeh : (dengan penuh kebimbangan, dan berteriak, sambil membanting botol itu)                Hahh..........!!!! (dia berlutut dan sujud sambil menangis)
(di iringi lagu opick-Bila Waktu Tlah Berakhir)
(iblis dan malaikat pun menghilang dengan sekejap) (di iringi instrument religi yang penuh kekhusukan) (syekh pun muncul dengan cahaya dari langit dan berbisik kepada sholeh)
Syekh : Kun... mutafa’ilan ya ibnu Adam.... kamun tidak sendirian, ingatlah kepada Allah, tuhan               semesta alam, masih ada bersamamu, sesungguhnya Allah sangat menyukai terhadap               hambanya yang berdoa dengan sungguh-sungguh... (dan menghilanglah syekh tersebut)
(di iringi lagu - ASMAUL HUSNA song)
Sholeh : (bangkit dari sujudnya, dan menghadap keatas dengan tangan menadah sambil                menangis memohon) Ya Allah.... ampunilah dosa hambaMu ini, Ya.. Allah.... berilah                hambaMu ini jalan menuju cahayaMu, Ya Allah.. jadikanlah HambaMu ini termasuk                orang-orang yang Engkau kasihi.... pintaku Ya Allah.... berilah hambaMu kemudahan                dalam menghadapi segala rintangan di dunia ini... Ya Allah................ (Sambil sujud                 memohon dan menangis)
(waktu pengumuman kelulusan telah tiba, dengan setting berbeda, di sebuah tempat aldi dan arif berkumpul, dengan wajah penuh kegembiraan, mereka bercerita masing2)
Aldi : (dengan wajah sumringah dan penuh semangat) Hore.... aku lulus, aku lulus.... akhirnya...           liat rif hasil ujian ku, LULUS.. !!!!!!!!
Arif : (wajah yang tak kalah girangnya) Iya...iya.... liat nih, hasil ujianku, aku juga lulus.....!!!!!           Alhadulillah..... tapi bagaimana dengan hasil ujian sholeh ya, sampai sekarang aku masih           belum ketemu dia...????
Aldi : Iya, aku juga belum ketemu dia tu.... mudah2an dia juga lulus ya....
Arif : Iya.... mudah2an...!!!!
(tak lama kemudian datanglah sholeh dengan berlari-lari kecil, dengan wajah yang tak kalah girangnya)
Sholeh : Assalamualaikum... WR....Wb....
Aldi+arif : (serentak) Waalaikum salam.... wr...wb....
Sholeh : teman2 liat nih hasil ujianku... akhirnya aku lulussss.............. (sambil menunjukkan                kertas ujiannya ke teman2)
Aldi+arif : (serentak) Alhamdulillah...............
Arif : Oke kalo gitu, traktirin kita donk.... makan2 gitu...........
Sholeh : Okke dech, aku traktir dech ke kantin, kalian boleh makan sepuasnya sampai perut               kalian meletus...!!!!! lets go... to the canteen.....
Aldi+arif : (serentak) Oke........... lets go ...!!!!!!!!!!!!!!
(dengan setting kembali menjadi kakek, dan ketiga cucunya tadi duduk di teras)
Kakek : begitulah cu cerita kakek dan teman2 kakek... huk...huk...huk... makanya jadi orang itu               harus sabar menghadapi cobaan, dan jangan lupa berdoa kepada TYME agar diberi kemudahan... huk...huk...huk....
Cucu2 : Iya kek....!!!
Kakek : Ya sudah... sekarang kan udah sore,sudah waktunya makan, ayo kita makan....
Cucu2 : Ayo !!!!!!!!!!
(Di iringi lagu Kenny G-forever in love. Kakek dan ketiga cucunya masuk kedalam rumah)
Akhirnya, begitulah cerita kakek, kadang manusia di dunia ini tidak ingat betapa berharganya dia, jika semua dilalui dengan jalan pintas maka hasil yang tidak maksimal akan didapatkannya, sebaliknya jika setiap manusia bisa berusaha dengan maksimal, dengan kerja keras, maka kebanggaan dan kepuasan yang akan didapatkannya, maka jangan mudah putus asa yah....

3 komentar:

aDr!3L'zZ mengatakan...

keren ni cerita

aDr!3L'zZ mengatakan...

keren ni cerita

Anonim mengatakan...

oc2 kk.tolong gua minta ya nih drama

Posting Komentar